Senin, 23 April 2012

hari ini hari kartini

Hari ini hari kartini


jadi inget waktu dulu gw masih lucu, putih, gendut, dulu waktu gw masih duduk di banku taman kanak-kanak , waktu belom ada remed yang menunggu untuk dikerjakan, belum ada KKM yang harus di kejar. happy banget deh pokoknya
dulu gw seneng banget bisa duduk di bangku taman kanak-kanak, tapi sekarang gw pikir itu tempat paling aneh. coba, mana ada taman yang isinya bangku , papan tulis dan memaksa anak-anak untuk belajar.
mana dulu di TK gw ada pelajaran matematika. gw waktu itu masih polos men jangan isi otak gw dengan kerumitan dunia.
tapi yaaudahlah gw nikmatin aja, maeen sama temen-temen baru, rebutan mainan, pukul-pukulan, nangiss. mudahnya dunia waktu itu.
Sampe akhirnya tiba suatu hari yang guru-guru gw bilang itu hari kartini, tapi karena gw belum ngerti jadi ya gw tnya aja.
"ibu, hari kartini itu apa sih ?"
guru gw "itu hari kelahiran ibu kartini, ardhan tau ngga ?"
#yaa ga tau lah bego makannya gw nnya
gw "ngga bu"
guru gw "dia itu wanita yang sangat berani dia mau bersusah payah demi banggsa dan blla blaa bla blaa..."
akhirnya guru gw mendongeng dan gw sebagai anak kecil cuma bisa bengong ngeliatin, mata belo, kepala dongak, ngeceeess...
tapi di akhir ceritanya guru gw bilang "jangan lupa ya besok kita ngerayain hari kartini , semuanya pake baju adat ya"
gw bingung terus gw pulang

sesampainya di rumah gw bilang sama nyokap gw tentang apa yang guru gw bilang tadi.
"mamaaa aku disuruh pake baju adat besok"
nyokap "oh iya nak nanti mama cari'in"
gw "tapi mah !" aga ngebentak
nyokap gw "kenapa ?" bingung.
dengan polosnya gw bilang "baju adat itu apa yaa?"
setelah itu nyokap gw jelasin, terus dia nnya sama gw "ardhan mau baju adat apa"
gw mikir ih sumpah males gila make baju adat yang ribet-ribet gw diem aja mikir, satu jam, dua jam, masih mikir, satu hari, dua hari, nyokap gw bete dia terbang naik elang kayak yang ada di film-film indosiar buat ngusir bete, sampai akhirnya gw jawab dengan wajah yang sangat meyakinkan.
"aku tau mah aku mau pake baju apa."
nyokap gw terpaku dan bertanya "apa ?"
gw jawab dengan yakin "kostum Batman"
nyokap gw bingung "kenapa ? ko batman sih ?"
gw dengan polos "karena dia punya sayap"
dan akhirnya gw mengikuti perayaan hari kartini pertama gw dengan menggunakan kostum Batman dan menjadi pusat perhatian.

tapi menyangkut hari kartini gw punya komen sedikit nih, setelah gw pikir-pikir kata-kata "Habis Gelap Terbitlah Terang" itu bukan kata-kata bijak atau semacamnya. itu hukum alam.
yaiyalah habis gelap, terang. habis mendung, ujan. habis ujan, banjir. nene-nenek bawa gayung juga tau
-__-"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar